Blog

Banyaknya Generasi Hi-Tech di Indonesia, Bantu Dorong Munculnya Digital Onboarding

Teknologi telah menjadi pendorong pertumbuhan ekonomi selama beberapa dekade yang diperkirakan tidak akan berhenti dalam waktu dekat. Industri hi-tech ditandai dengan inovasi yang cepat yang sering mengakibatkan gangguan pasar dan kekuatan kompetitif di antara para pemainya. Ada banyak kekuatan yang berkumpul di industri hi-tech pada tahun 2021. Inovasi yang cepat dan penekanan untuk menyelesaikan pekerjaan telah menciptakan siklus yang baik di mana produk baru mendorong lebih banyak aplikasi dan bisnis, dan seterusnya. 

Dengan banyaknya inovasi dan pesatnya perkembangan generasi hi-tech semakin mendorong munculnya digital onboarding dalam pasar. Hal ini bahkan telah dilihat oleh Asian Banking & Finance, dimana menurut mereka terdapat 3 hal pendukung yang ditaksir mampu mendorong jalannya digital onboarding, yakni:  Besarnya pengguna internet; Banyaknya Generasi Hi-Tech; dan adanya national getaway payment (NPG). 

Besarnya pengguna Internet Indonesia memiliki pengguna internet terbesar dengan pertumbuhan tercepat di antara negara-negara ASEAN yang lain. Bukti ini tentu membuka peluang untuk berbagai platform digital seperti e-commerce dalam memperkenalkan teknologi belanja online andalannya. Platform tersebut membutuhkan sistem pembayaran digital sebagai pendukung. Otomatis, digital onboarding pun berpotensi ikut dilirik untuk memproses pembukaan rekening setiap penggunanya secara online.

Banyaknya Generasi Hi-Tech yang mendukung digital onboarding adalah banyaknya generasi hi-tech di Indonesia. Mereka begitu mahir dalam mengulik teknologi, serta pastinya aktif berinteraksi melalui media digital hampir setiap hari. Perubahan demografis dan perilaku ini dapat dianggap sebagai yang paling berpengaruh. Bahkan kaum muda kelas menengah di Indonesia saja cukup beradaptasi dengan sangat baik terhadap kemajuan teknologi. Jumlah pada segmen ini berkembang sangat pesat sehingga mempengaruhi prospek perbankan digital.

Dengan adanya national getaway payment, hadirnya digital onboarding didukung sepenuhnya oleh Bank Indonesia. Hal ini tercantum pada Peraturan BI baru tentang penciptaan National Payment Gateway (NPG) yang diharapkan mampu mempercepat adopsi pembayaran elektronik di Indonesia. Digital onboarding dilihat bisa meningkatkan interoperabilitas dan interkoneksi antar saluran transaksi. Faktor ini tak kalah mendukung jalannya digital onboarding agar semakin dipergunakan dengan maksimal.

Revolusi yang akan datang dalam bisnis teknologi tinggi akan didominasi oleh digital. Transformasi akan menciptakan jutan peluang baru dan menciptakan perubahan besar dalam cara kita hidup, bekerja, dan berinteraksi satu sama lain. Industri yang sudah mengakar akan terganggu oleh pendatang baru yang gesit. Inovasi akan datang dari seluruh penjuru dunia dan didorong oleh komputer murah, cloud, jaringan bandwidth tinggi, dan perangkat lunak sebagai layanan. Dunia inovasi hi-tech selalu berubah. Perubahan berarti gangguan dan setiap perusahaan, tidak peduli seberapa besar atau kecil, harus dapat memutuskan seperti apa masa depannya.

Beeza merupakan perusahaan penyedia solusi sistem integrasi yang dapat membantu anda melakukan digital onboarding dengan layanan verifikasi, identifikasi dan verifikasi jaringan yang kami miliki. Produk dan solusi dari Beeza memiliki kelebihan dalam sistem biometrik yang akurat. Segera hubungi kami untuk informasi dan pemesanan.