Blog Blog

Kelebihan Digital Signature

Pernahkah Anda membayangkan harus pergi ke kantor untuk menandatangani dokumen padahal sedang dalam perjalanan ke luar kota atau liburan? Berapa lama waktu yang Anda perlukan untuk mengirim dan menerima kembali dokumen tersebut? Tentunya itu akan menguras tenaga dan menghabiskan waktu serta biaya. 

Kemajuan teknologi telah mengubah perkembangan bisnis dan institusi menjadi semakin bergerak ke arah digital. Digital signature atau tanda tangan digital diciptakan untuk mempermudah proses penandatanganan dokumen dengan memberikan otoritas dan persetujuan yang sama dengan tanda tangan fisik namun diselesaikan secara digital. Dengan demikian, tanda tangan digital memiliki status validitas yang sama dengan tanda tangan tinta basah. Sehingga, Anda tidak perlu mengalami kejadian seperti diatas seandainya telah mengadopsi teknologi tanda tangan digital atau digital signature

Berikut beberapa kelebihan dari Digital Signature (Tanda Tangan Digital) yang perlu Anda ketahui:

  1. Hemat Waktu dan Biaya

Dalam praktek konvensional, kegiatan penandatanganan harus melewati beberapa tahapan yang panjang. Mulai dari mencetak dokumen di kertas, menandatangani dengan pulpen, memindai dokumen yang telah ditandatangani, kemudian mengirimkan kembali dokumen tersebut baik melalui surel maupun melalui jasa kurir. Proses penyampaian tanda tangan hingga sampai ke pihak yang tertuju harus melalui beberapa tahapan yang memakan waktu dan biaya. Dengan digital signature, proses penandatanganan dokumen menjadi lebih cepat dan praktis karena dapat dilakukan dimana saja, kapan saja dan di perangkat apa pun secara digital. Selain itu, penggunaan digital signature juga lebih hemat biaya karena tidak perlu mengeluarkan anggaran khusus untuk penyediaan kertas dan ATK, serta pengiriman dokumen.

  1. Keamanan Lebih Terjaga

Proses tanda tangan secara konvensional juga dihadapkan pada risiko keamanan yang mengintai saat mengirimkan dokumen melalui kurir. Dokumen bisa saja dibuka di tengah perjalanan oleh oknum yang tidak bertanggungjawab, atau bahkan rusak saat lapisan pelindungnya kurang maksimal. Proses yang panjang dan risiko keamanan yang tinggi bisa dengan mudah dihindari dengan beralih dari tanda tangan manual ke tanda tangan digital. Selain itu, sebagian besar digital signature telah menggunakan fitur keamanan tambahan, seperti enkripsi tingkat bank dan pengambilan tanda tangan biometrik untuk mengungkapkan identitas sebenarnya dari penandatangan.

  1. Sah Secara Hukum

Menurut undang-undang tanda tangan elektronik seperti Uniform Electronic Transactions Act (UETA) dan Electronic Signature in Global and National Commerce Act (ESIGN Act), tanda tangan elektronik memiliki status hukum yang sama dengan tanda tangan tinta basah pada dokumen apa pun. Di Indonesia, tanda tangan digital atau elektronik diatur keabsahannya dalam Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2018 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE). Tanda tangan digital juga diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 71 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Sistem dan Transaksi Elektronik (PP PSTE). 

  1. Ramah Lingkungan

Penggunaan teknologi dalam digital signature secara tidak langsung telah mendukung upaya pelestarian lingkungan. Ini karena proses penandatangan dokumen dengan digital signature telah menghilangkan proses pencetakan dokumen sehingga dapat mengurangi penggunaan kertas yang berasal dari pohon.

  1. Meningkatkan Pengalaman Pengguna

Penggunaan teknologi digital dalam penandatangan dokumen menjadikan pengalaman baru bagi penggunanya dengan proses yang cepat, praktis dan aman. Ini pun dapat meningkatkan implementasi keputusan yang cepat dan produktivitas dari penggunanya. Digital signature dapat mempercepat formalitas yang terkait dengan proses persetujuan untuk menandatangani dokumen penting dan memberikan keputusan. Proses yang berlangsung cepat pun dapat memberikan kesempatan pada penggunanya untuk memanfaatkan waktu yang tersisa dengan mengerjakan hal penting lainnya. 

Dengan segala kelebihan digital signature di atas, Anda tidak perlu menunggu lama lagi untuk dapat merasakan manfaatnya. Segera hubungi kami untuk informasi dan pemesanan! 
Beeza sebagai perusahaan penyedia solusi sistem integrasi dapat membantu anda melakukan proses digital signature dengan layanan verifikasi, identifikasi dan verifikasi jaringan yang kami miliki. Produk dan solusi dari Beeza memiliki kelebihan dalam sistem biometrik yang akurat.