Blog Blog

Penggunaan QRIS dalam Transaksi Keuangan

QRIS (dibaca Kris) adalah singkatan dari Quick Response Code Indonesian Standard. QRIS merupakan upaya standardisasi oleh Bank Indonesia untuk semua perusahaan yang memanfaatkan teknologi finansial (fintech) seperti Dompet Digital. Transaksi digital menggunakan QR code diharapkan dapat lebih mempermudah transaksi secara aman dan cepat.

Penggunaan QRIS oleh seluruh aplikasi pembayaran dan penyelenggara dari pihak bank maupun non bank, saat ini telah dapat digunakan hampir di seluruh tempat. Tidak hanya di toko besar, bahkan warung, pedagang kaki lima, pembayaran parkir, dan tiket wisata sudah dapat dilakukan dengan menggunakan QRIS. QRIS dapat digunakan untuk melakukan transaksi pembayaran dengan berbagai jenis kartu debit atau kredit, serta e-wallet yang terhubung dengan sistem pembayaran QRIS.

Walaupun QRIS adalah sistem yang mudah dan juga aman, namun masyarakat  masih tetap harus berhati-hati terhadap risiko terjadinya penipuan dalam transaksi pembayaran. Sebaiknya, jika ada keraguan terhadap sebuah transaksi, pastikan dulu apakah transaksi benar-benar berhasil. Seiring meningkatnya pertumbuhan industri keuangan di Indonesia, maka perusahaan sebaiknya lebih menjaga performa layanan dan keamanan dengan memenuhi kebutuhan fitur dan teknologi canggih untuk memenuhinya. 

Masyarakat sebaiknya dapat lebih kritis dalam menilai informasi-informasi yang didapat. Jangan mudah percaya, apalagi sampai memberikan informasi data pribadi kepada pihak yang tidak dikenal atau bukan dari lembaga resmi. 

BEEZA merupakan perusahaan penyedia solusi sistem integrasi yang dapat membantu anda melakukan verifikasi, identifikasi dan autentikasi. Produk dan solusi dari BEEZA memiliki kelebihan dalam sistem biometrik yang akurat. Segera hubungi kami untuk informasi dan pemesanan. 

Referensi: https://koinworks.com/blog/qris-adalah/