Blog Blog

Peran Ekonomi dalam Era Digital

Ekonomi memiliki peranan penting dalam era digital, adanya digitalisasi membawa perubahan signifikan dalam cara kita bekerja, berkomunikasi dan bertransaksi. Ekonomi digital merupakan seluruh kegiatan ekonomi yang menggunakan internet, yang dapat membuat perubahan pada kegiatan ekonomi masyarakat menjadi serba otomatis. 

Adanya perubahan berbisnis dan transaksi digital seperti ini menjadi tanda bahwa ekonomi digital terus mengalami perkembangan. Bahkan, saat ini sudah lebih dari 2000 perusahaan startup berlomba melakukan go online di berbagai jenis industri bisnis. Salah satu cara yang dilakukan para perintis usaha ini adalah membuat aplikasi yang dapat memudahkan kegiatan masyarat sehari-hari. Mulai dari berbelanja bahan makanan, pakaian, furnitur, pembayaran token listrik, hingga penyetoran dan pelaporan pajak. 

Kemajuan teknologi akan meningkatkan kemampuan produktivitas dunia ekonomi, hal ini dikarenakan digitalisasi mampu membuat segala bentuk transaksi menjadi lebih mudah. Berikut beberapa peran ekonomi dalam era digital:

  1. Mendorong inovasi dan pertumbuhan ekonomi. 
  2. Menciptakan lapangan kerja.
  3. Meningkatkan efisiensi dan efektivitas bisnis.
  4. Meningkatkan partisipasi konsumen.

Dalam keseluruhan, ekonomi memainkan peran penting dalam era digital, namun dalam perkembangannya, hal ini juga dapat menjadi celah bagi para pihak yang tidak bertanggung jawab untuk menyerang dalam dunia cyber. Perusahaan sebaiknya lebih menjaga performa layanan dan keamanan dengan memenuhi kebutuhan fitur dan teknologi canggih untuk memenuhinya. 

BEEZA merupakan perusahaan penyedia solusi sistem integrasi yang dapat membantu anda melakukan verifikasi, identifikasi dan autentikasi. Produk dan solusi dari BEEZA memiliki kelebihan dalam sistem biometrik yang akurat. Segera hubungi kami untuk informasi dan pemesanan. 

Referensi: https://www.online-pajak.com/tentang-pajak/ekonomi-digital