Blog Blog

Tetap Aman Melakukan Transaksi Digital

Kemajuan teknologi dalam bertransaksi digital saat ini semakin banyak dimanfaatkan oleh masyarakat. Berbagai layanan digital banking menawarkan kemudahan dan kenyamanan dalam bertransaksi. Tentunya transaksi digital ini dapat dilakukan dengan lebih efisien dan praktis. Bahkan, Pengguna tidak perlu membawa uang cash untuk melakukan transaksi.

Transaksi digital sendiri merupakan pembayaran yang dilakukan secara non tunai yang menyediakan layanan pembayaran hanya dengan menggunakan aplikasi. Peningkatan transaksi digital rupanya diikuti dengan berbagai modus penipuan pembayaran online yang dapat merugikan masyarakat. 

Beberapa hal yang dapat dilakukan supaya tetap aman dalam melakukan transaksi digital:

  1. Menjaga kerahasiaan data.
    Hal yang paling mendasar yang perlu dilakukan agar transaksi digital terasa aman.
  2. Merubah kata sandi secara berkala.
    Tahapan ini penting karena kata sandi yang tidak sering diganti secara berkala akan mudah untuk diretas.
  3. Menggunakan aplikasi terpercaya.
    Ada banyak sekali aplikasi perbankan hingga payment gateway pihak ketiga yang mempermudah transaksi. Pilih aplikasi yang sudah memiliki izin OJK dan BI. 
  4. Jika menggunakan kartu kredit, gunakan limit yg rendah.
    Kartu kredit adalah salah satu layanan perbankan yang rawan disalahgunakan oleh pihak-pihak tidak bertanggung jawab.

Seiring meningkatnya pertumbuhan industri keuangan di Indonesia, maka perusahaan sebaiknya lebih menjaga performa layanan dan keamanan dengan memenuhi kebutuhan fitur dan teknologi canggih untuk memenuhinya. Masyarakat sebaiknya dapat lebih kritis dalam menilai informasi-informasi yang didapat. Jangan mudah percaya, apalagi sampai memberikan informasi kepada pihak yang tidak dikenal atau bukan dari lembaga resmi. 

BEEZA merupakan perusahaan penyedia solusi sistem integrasi yang dapat membantu anda melakukan verifikasi, identifikasi dan autentikasi. Produk dan solusi dari BEEZA memiliki kelebihan dalam sistem biometrik yang akurat. Segera hubungi kami untuk informasi dan pemesanan. 

Referensi:

https://www.medcom.id/foto/grafis/GNlg32GK-7-tips-aman-bertransaksi-digital