Blog Blog

Mengenal Pembayaran Biometrik Lebih Dekat

Pembayaran biometrik merupakan teknologi point-of-sale (POS) yang menggunakan autentikasi biometrik berdasarkan karakteristik fisik untuk mengidentifikasi pengguna dan mengesahkan pemotongan dana dari rekening bank. Pembayaran yang dilakukan dengan menggunakan sidik jari atau pemindaian jari merupakan metode pembayaran biometrik yang paling umum. Seringkali, sistem menggunakan autentikasi dua faktor, di mana pemindaian jari menggantikan gesekan kartu dan pengguna mengetikkan kata sandi seperti biasa.

Bagaimana cara kerja pembayaran biometrik?

Berikut merupakan contoh salah satu cara kerja biometrik dengan penggunaan sistem pembayaran sidik jari:

Pembeli mendaftar untuk program kartu pembayaran biometrik di kios toko dengan menunjukkan identitas yang valid dan informasi rekening bank.

  1. Pembeli memindai jari telunjuk mereka dengan menggunakan pembaca pemindai jari kios.
  2. Pemindai jari mengenkripsi beberapa pengukuran sidik jari titik-ke-titik dan menyimpan data biometrik pelanggan dan informasi perbankan dalam basis data terpusat .
  3. Pembeli sekarang memiliki opsi untuk memilih pembayaran biometrik di register POS. Jika mereka memilih pembayaran biometrik, mereka dapat memindai jari mereka di kasir dengan pembaca elektronik toko dan memasukkan kode PIN mereka.
  4. Pembaca elektronik membandingkan data dari pemindaian baru dengan data terenkripsi dalam database dan menyetujui atau menolak autentikasi pembayaran. Jika disetujui, dana ditransfer secara elektronik dari rekening pembelanja ke pedagang.

Sementara pengenalan sidik jari masih merupakan kasus penggunaan paling umum untuk solusi biometrik, teknologi baru yang menampilkan pengenalan wajah juga dengan cepat dilirik. Selain itu, banyak konsumen memilih untuk membayar langsung dari dompet digital yang disimpan di perangkat seluler mereka. Misalnya, iPhone generasi baru dilengkapi dengan “Apple Pay”, yang menyediakan opsi tambahan untuk pembayaran yang nyaman menggunakan pengenalan wajah atau kata sandi pada iPhone model terbaru dan pengenalan sidik jari atau PIN pada model lama.

Dengan semakin berkembangnya dan maraknya pembayaran biometrik, perusahaan dan perbankan semakin dituntut untuk memiliki keamanan yang baik. BEEZA merupakan perusahaan penyedia solusi sistem integrasi yang dapat membantu anda melakukan verifikasi, identifikasi dan autentikasi. Produk dan solusi dari BEEZA memiliki kelebihan dalam sistem biometrik yang akurat. Segera hubungi kami untuk informasi dan pemesanan. 

Link Artikel:

https://www.techtarget.com/searchsecurity/definition/biometric-payment#:~:text=If%20they%20choose%20biometric%20payment%2C%20they%20scan%20their,database%20and%20either%20approves%20or%20declines%20payment%20authentication.