Blog Blog

Menghindari Kejahatan Phishing dalam Era Digital

Phishing merupakan salah satu jenis kejahatan cyber crime untuk mencuri data informasi dan data pribadi seseorang melalui email, telepon, pesan teks, atau tautan dengan cara mengaku sebagai instansi atau pihak-pihak tertentu. Penjahat phishing biasanya berusaha untuk membuat korban percaya bahwa mereka berinteraksi dengan entitas atau situs web yang sah, seperti bank, perusahaan, atau lembaga pemerintah, padahal sebenarnya mereka mengumpulkan informasi pribadi korban.

Risiko kejahatan phishing dapat dikatakan sangat merugikan bagi para korbannya. Para korban biasanya akan kehilangan data-data penting yang mungkin akan disalahgunakan atau bahkan kehilangan uang. Oleh karena itu, sangat penting untuk menggunakan teknologi dengan baik dan benar serta selalu waspada ketika ada hal mencurigakan. Banyak orang-orang yang tidak bertanggung jawab yang mencoba mencari keuntungan dengan kemajuan teknologi.

Untuk melindungi diri dari kejahatan phishing, berikut beberapa langkah yang dapat diambil:

1. Waspadai Email atau Pesan Teks yang Mencurigakan

Verifikasi keaslian email atau pesan teks tersebut dengan menghubungi institusi terkait secara langsung melalui sumber resmi mereka.

2. Periksa URL dengan Teliti

Saat mengklik tautan, pastikan URL yang ditampilkan sesuai dengan situs web yang sah. Jangan masukkan informasi pribadi jika merasa situs web tersebut mencurigakan.

3. . Gunakan Keamanan Digital yang Kuat

Aktifkan fitur keamanan seperti firewall, program antivirus, dan perangkat lunak anti-malware yang dapat membantu mendeteksi dan melindungi dari serangan phishing.

4. Berhati-hati dengan Informasi Pribadi

Jangan mengungkapkan informasi pribadi, seperti kata sandi atau nomor kartu kredit, melalui email, pesan teks, atau panggilan telepon yang tidak terverifikasi.

Selalu berhati-hati dan waspada saat menggunakan komunikasi online atau permintaan informasi pribadi. Sebaiknya gunakan tautan atau situs web yang terpercaya. Perusahaan sebaiknya lebih menjaga performa layanan dan keamanan dengan memenuhi kebutuhan fitur dan teknologi canggih untuk memenuhinya. 

Masyarakat sebaiknya dapat lebih kritis dalam menilai informasi-informasi yang didapat. Jangan mudah percaya, apalagi sampai memberikan informasi data pribadi kepada pihak yang tidak dikenal atau bukan dari lembaga resmi. 

BEEZA merupakan perusahaan penyedia solusi sistem integrasi yang dapat membantu anda melakukan verifikasi, identifikasi dan autentikasi. Produk dan solusi dari BEEZA memiliki kelebihan dalam sistem biometrik yang akurat. Segera hubungi kami untuk informasi dan pemesanan. 

Referensi: https://blog.justika.com/pidana-dan-laporan-polisi/cara-mengatasi-kejahatan-phising/