Blog Blog

Risiko Menggunakan QRIS dalam Transaksi Pembayaran

Saat ini penggunaan QRIS (Quick Response Code Indonesia Standart) dalam transaksi pembayaran sudah banyak dilakukan. Teknologi yang mudah di akses ini memberikan kenyamanan bagi banyak orang. Termasuk bagi pelaku kejahatan siber. Pengguna tidak bisa begitu saja membaca kode QR, sebaiknya selalu memastikan tautan sebelum mengklik.

Seperti halnya dengan setiap sistem pembayaran lainnya, ada beberapa risiko yang harus diperhatikan ketika menggunakan QRIS. Beberapa risiko ini termasuk:

  1. Penipuan
    Pengguna rentan terhadap penipuan jika kode QR palsu dibuat untuk mengirimkan pembayaran ke rekening yang salah.
  1. Keamanan data
    Ini termasuk kemungkinan pencurian data pribadi dan keuangan yang dapat digunakan pihak yang tidak bertanggung jawab.
  1. Ketergantungan teknologI
    mengandalkan teknologi modern untuk memproses pembayaran, yang berarti bahwa masalah teknis dapat terjadi, seperti koneksi internet yang buruk atau kegagalan sistem.

Walaupun demikian, semua risiko ini dapat diatasi dengan aman dan kehati-hatian pengguna. Misalnya, dengan memastikan bahwa kode QR yang digunakan benar-benar berasal dari sumber yang dapat dipercaya. Jika merasa ada aktivitas atau transaksi yang mencurigakan, segera hubungi penyedia layanan atau lembaga terkait untuk mendapatkan bantuan.

Secara keseluruhan, QRIS merupakan metode pembayaran yang aman dan efektif, tetapi seperti halnya dengan setiap teknologi, penggunaan yang cerdas dan berhati-hati diperlukan untuk mengurangi risiko yang terkait dengannya. Seiring meningkatnya pertumbuhan industri keuangan di Indonesia, maka perusahaan sebaiknya lebih menjaga performa layanan dan keamanan dengan memenuhi kebutuhan fitur dan teknologi canggih untuk memenuhinya. 

Masyarakat sebaiknya dapat lebih kritis dalam menilai informasi-informasi yang didapat. Jangan mudah percaya, apalagi sampai memberikan informasi data pribadi kepada pihak yang tidak dikenal atau bukan dari lembaga resmi. 

BEEZA merupakan perusahaan penyedia solusi sistem integrasi yang dapat membantu anda melakukan verifikasi, identifikasi dan autentikasi. Produk dan solusi dari BEEZA memiliki kelebihan dalam sistem biometrik yang akurat. Segera hubungi kami untuk informasi dan pemesanan. 

Referensi: https://keuangan.kontan.co.id/news/hati-hati-penjahat-siber-menyasar-celah-keamanan-qr-code-begini-cara-mencegahnya