Blog Blog

Pemerintah-Pemerintah Negara Berlomba Gunakan Biometrik Untuk Registrasi Identitas

Dari Luxemburg dan Estonia hingga Afrika Selatan dan Vietnam, pemerintah di seluruh dunia meluncurkan identitas digital. ID digital ini tidak hanya berupa bentuk kartu untuk melayani berbagai fungsi. 

Kepulauan Cayman memulai sebagian peluncuran proyek pendaftaran ID

Kepulauan Cayman akan memulai peluncuran sebagian pendaftaran identitas digital yang telah lama ditunggu-tunggu pada pertengahan Juni. Lampu hijau diberikan setelah negara menyetujui RUU Daftar Identifikasi pada Desember tahun lalu. Selama peluncuran, negara berencana untuk menyusun peraturan untuk RUU Daftar Identifikasi dan undang-undang lain yang disebut RUU KTP, yang bertujuan untuk membuat register identitas digital dan sistem untuk menerbitkan kartu ID masing-masing. 

Peraturan diharapkan akan diselesaikan akhir tahun ini. Pemerintah Kepulauan Cayman menyampaikan proyek ini akan dimulai dengan membuat, mengembangkan, dan menguji daftar ID baru. Wilayah seberang laut Britania, dengan populasi 64.000 orang mulai mengerjakan pendaftaran ID dan peluncuran kartu ID nasionalnya pada tahun 2021. Proyek ini akan menelan biaya sekitar US$9,6 juta selama lima tahun ke depan. Namun, rencana tersebut bukannya tanpa kontroversi. 

Rencana awal untuk membuat pendaftaran menjadi daftar wajib dibatalkan setelah mendapat tekanan dari oposisi. Program ini sekarang bersifat sukarela dan memungkinkan pengguna untuk memilih data apa yang mereka bagikan melalui profil mereka. eGovernment Kepulauan Cayman telah bekerja sama dengan Akademi e-Governance Estonia dalam peluncuran identitas nasional dengan delegasi resmi mengakhiri kunjungan ke negara Eropa pada awal Juni.

Luksemburg mewajibkan kartu ID biometrik untuk warga negara asing

Warga negara asing yang tinggal di Luksemburg dengan anggota keluarga yang merupakan warga negara UE harus memiliki kartu identifikasi biometrik mulai Agustus 2023. Dalam  Luxemburg Times, disampaikan bahwa mulai 3 Agustus 2023, negara Eropa itu tidak akan lagi menerima izin tinggal dan kartu penduduk tetap yang dicetak di atas kertas dengan lampiran foto. Luxemburg telah mengeluarkan izin tinggal baru dan kartu penduduk tetap dalam bentuk kartu pintar biometrik sejak 2021.

Negara bagian Virginia AS mengeluarkan lebih dari 3 juta ID Asli

Departemen Kendaraan Bermotor Virginia telah mencapai tonggak sejarah baru setelah mengeluarkan lebih dari 3 juta real ID. Real ID merupakan SIM atau kartu ID opsional yang ditingkatkan dengan membawa sekumpulan data biometrik dan demografis minimum untuk membantu badan pemerintah dan bisnis dalam  memutuskan apakah identitas itu valid. AS baru-baru ini kembali menunda tenggat waktu untuk mendapatkan dokumen yang sesuai dengan Real ID sehingga memungkinkan siapa pun berusia di atas 18 tahun untuk naik pesawat dan transportasi lain (memerlukan identifikasi, serta memasuki fasilitas federal atau pangkalan militer yang aman). 

Real ID awalnya diharapkan berlaku pada tahun 2009, tetapi di tengah penolakan dari beberapa negara bagian, tenggat waktu telah diundur dan sekarang ditetapkan pada 7 Mei 2025. Pada bulan Mei, Alaska menerima proposal legislatif yang akan mencabut implementasi negara bagian dari Undang-Undang ID Asli, berpotensi memblokir penggunaan SIM Alaska dengan biometrik wajah. Orang Estonia harus memperbarui perangkat lunak ID mereka atau dikunci dari layanan online.

Pemerintah Estonia telah memperingatkan pemegang kartu ID digital bahwa mereka tidak akan dapat lagi masuk ke layanan online publik jika mereka tidak memperbarui perangkat lunak ID mereka sebelum 13 Juni. Estonian World melaporkan, pada tanggal tersebut, Otoritas Sistem Informasi Estonia, yang dikenal sebagai RIA, akan transisi ke autentikasi berbasis web baru dan solusi penandatanganan yang disebut Web eID. Agensi tersebut memperkenalkan solusi tersebut tahun lalu dan sejak saat itu, 75 persen pengguna perangkat lunak ID telah memperbarui perangkat lunak mereka dan mengadopsi Web eID. 

Perangkat lunak ID terbaru dapat diunduh dari situs web ID Estonia. Estonia dianggap sebagai pelopor dalam tata kelola digital dan ID digital. Solusi eID Web memungkinkan penggunaan dokumen digital Estonia, seperti kartu ID, ID digital, dan izin tinggal untuk autentikasi dan penandatanganan yang aman di web.

Bank Afrika Selatan meluncurkan 400.000 ID pintar

First National Bank (salah satu bank terbesar di Afrika Selatan) menjelaskan telah mengeluarkan 425.980 kartu identitas pintar dan paspor sejak kemitraannya dengan Departemen Dalam Negeri negara itu. Bank tertua di Republik Afrika Selatan ini merupakan salah satu mitra pemerintah dalam peluncuran smart ID yang bertujuan untuk menggantikan 38 juta buklet ID. Klien First National Bank dapat mengajukan kartu pintar di portal online eHomeAffairs dan kemudian mengunjungi cabang yang dipilih untuk menangkap biometrik mereka. Bank lokal lainnya seperti Absa, Nedbank dan Standard Bank juga termasuk dalam skema tersebut.

Pada bulan Februari, negara tersebut memperkenalkan rancangan undang-undang yang berupaya memperkenalkan sistem identifikasi nasional biometrik (NIS) tunggal dan terintegrasi untuk semua orang yang tinggal di wilayah Afrika Selatan. RUU yang diusulkan sejalan dengan Kebijakan Manajemen Identitas Resmi Afrika Selatan yang menyeluruh. Negara ini juga mengerjakan SIM pintar .

Kartu ID berbasis chip bank Vietnam percontohan untuk autentikasi

Bank-bank komersial di Vietnam saat ini sedang merintis autentikasi klien melalui kartu ID warga negara berbasis chip yang terhubung ke Basis Data Kependudukan Nasional. Proyek ini seharusnya mencegah penjualan, penyewaan dan peminjaman rekening bank, masalah yang telah menjangkiti industri perbankan lokal selama bertahun-tahun, lapor Saigon News .

Sebagai bagian dari proyek, Asia Commercial Bank (ACB) meluncurkan solusi autentikasi yang disebut FPT.IDCheck yang memungkinkan pembacaan kartu ID berbasis chip dan autentikasi dengan pengenalan wajah. Bank Komersial Saham Gabungan Publik Vietnam (PVcomBank) juga akan mengizinkan warga untuk membuka rekening bank dengan ID berbasis chip melalui Electronic Know Your Customer (eKYC).

Hampir 11,8 juta orang telah menggunakan kartu ID berbasis chip untuk mengakses layanan kesehatan di Vietnam. Kementerian Keamanan Publik Vietnam telah mengusulkan penerbitan kartu ID berkemampuan chip untuk anak-anak berusia enam tahun ke bawah, dalam meningkatkan upaya sistem ID digitalnya menggunakan teknologi NEC. Pada bulan Maret, negara tersebut mulai mengeluarkan paspor biometrik berbasis chip , yang mencakup informasi biometrik seperti sidik jari, iris mata, dan wajah.

BEEZA merupakan perusahaan penyedia solusi sistem integrasi yang dapat membantu anda melakukan keduanya. TIdak hanya dalam verifikasi dan identifikasi namun juga autentikasi. Produk dan solusi dari BEEZA memiliki kelebihan dalam sistem biometrik yang akurat. Segera hubungi kami untuk informasi dan pemesanan.