Blog

3 Alasan Perlunya Penggunaan Digital Onboarding di Industri Perbankan

Kemajuan teknologi telah membentuk dunia menjadi lebih kompetitif dan lebih cepat dari sebelumnya. Hal itu pula yang mendorong institusi keuangan seperti sektor perbankan perlu untuk meningkatkan pengalaman pelanggan dengan menciptakan solusi yang lebih baik dan lebih optimal. Salah satunya dengan menciptakan pengalaman digital onboarding yang praktis bagi pelanggan. 

Di sektor perbankan, proses onboarding nasabah menjadi bagian awal hubungan antara bank dan nasabah. Ini mencakup berbagai kegiatan, seperti mengevaluasi permintaan pelanggan, aspek hukum, pembukaan rekening, dan urusan operasional. Proses onboarding di bank dilakukan untuk memeriksa informasi nasabah sebagai upaya mematuhi peraturan kompleks yang berbeda dari satu negara dengan negara lain. Sementara itu, proses digital onboarding mencakup banyak formulir dan aplikasi, file, pemeriksaan kepatuhan manual, dan pemeriksaan identifikasi langsung. Sehingga digital onboarding saat ini dapat dikatakan tidak lagi sekedar proses onboarding, namun telah mengubah cara perusahaan berinteraksi dengan pelanggan mereka. 

Inilah yang menandai awal perjalanan digital sepenuhnya. Alih-alih menggunakan beberapa formulir kertas dan melakukan cek secara langsung, bank dapat membuat pengalaman yang dioptimalkan dan mudah diikuti untuk nasabah baru dari jarak jauh. Peningkatan yang signifikan tersebut telah membuktikan pentingnya menawarkan onboarding nasabah secara digital di lembaga perbankan lebih dari sebelumnya. 

Berikut alasan industri perbankan perlu menggunakan digital onboarding:

  1. Digital Onboarding Mengurangi Penipuan

Bank telah berurusan dengan kehilangan pendapatan karena penipuan selama bertahun-tahun. Statistik menunjukkan bahwa nilai tahunan kerugian penipuan perbankan online mencapai sekitar 159,7 juta pound pada tahun 2020. Selain itu, operasi tradisional bank tidak dapat menghindari pelanggaran keamanan seiring kemajuan teknologi.

Proses digital onboarding membantu bank meningkatkan keamanan sistem mereka dan mengurangi penipuan karena menyediakan banyak alat untuk membantu bank dengan mudah memeriksa identitas pelanggan. Dengan proses digital onboarding, bank dimungkinkan untuk menggunakan alat teknologi yang andal untuk terhubung dengan pelanggan, menjalankan pemeriksaan langsung, wawancara terpandu, dan banyak lagi. Sesuatu yang sederhana seperti penggunaan selfie dengan liveness detection untuk memverifikasi identitas pelanggan dapat mengurangi 90% dari upaya penipuan.

  1. Digital Onboarding Meningkatkan Pengalaman Pelanggan

Pelanggan menjadi bagian penting dari perjalanan kesuksesan suatu perusahaan. Pelanggan yang senang dan puas akan datang kembali untuk mendapatkan lebih banyak layanan dan menjadi penyambung informasi positif bagi calon pelanggan lainnya. Sehingga, pengalaman pengguna sangat penting untuk memastikan reputasi dan eksistensi perusahaan.

Proses digital onboarding di bank memberi pelanggan kesan pertama tentang apa yang dapat mereka lakukan, serta betapa mudah dan lancarnya proses tersebut. Pelanggan juga dapat memastikan bahwa antarmuka mudah digunakan dan seberapa cepat operasi dapat dijalankan. Dunia bergerak menuju digital lebih cepat dari sebelumnya; namun, dunia digital pun harus mudah digunakan dengan langkah sederhana, menyediakan akses cepat dan fleksibel ke layanan bank.

  1. Digital Onboarding Meningkatkan Efektivitas Operasional

Bank dapat meningkatkan alur kerja dan mengurangi jumlah waktu dan biaya yang dihabiskan dengan proses digital onboarding. Alat yang tepat dapat membantu mengurangi waktu proses saat onboarding pelanggan sambil tetap mengikuti standar peraturan. Pelanggan dapat mengisi dan melakukan setiap langkah dari jarak jauh sehingga dapat mengurangi jumlah formulir dan file.

Selain itu, digital onboarding membantu mengurangi ketergantungan pada kantor cabang, mengurangi biaya operasional, dan memungkinkan karyawan terbebas dari tugas lain yang relevan dan lebih kompleks. Digital onboarding juga dapat membantu bank memperluas bisnis agar dapat menjangkau orang-orang dari lokasi yang berbeda dan meningkatkan produktivitas karyawan, menambah nilai pada pertumbuhannya.

Pentingnya Alat Digital 

Teknologi berkembang pesat, dan setiap hari alat-alat baru diciptakan untuk membuat hidup manusia semakin mudah. Sebagai lembaga keuangan, penting untuk menyadari perubahan yang cepat dan kesiapan beradaptasi demi memberikan pengalaman pelanggan terbaik kepada setiap nasabah. Kini saatnya Anda untuk meninjau apa yang perlu disesuaikan dan fokus pada cara terbaik dan paling kreatif untuk terlibat dengan nasabah dan meningkatkan pengalaman mereka di setiap langkah perjalanan. Digital onboarding merupakan bagian penting dari peningkatan ini. Dengan alat digital, lembaga keuangan dapat memperbaharui tren pasar dan memastikan dengan cepat solusi yang inovatif, sehingga dapat lebih unggul dibandingkan pesaing.

Beeza merupakan perusahaan penyedia solusi sistem integrasi yang dapat membantu anda melakukan digital onboarding dengan teknologi canggih serta proses verifikasi, identifikasi dan autentikasi yang aman dan nyaman. Produk dan solusi dari Beeza memiliki kelebihan dalam sistem biometrik yang akurat. Segera hubungi kami untuk informasi dan pemesanan.